Untuk Penanggulangan Covid-19, Kinerja Kaltim Dinilai Baik

Untuk Penanggulangan Covid-19, Kinerja Kaltim Dinilai Baik

IBUKOTAKITA.COM-Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memantau kinerja Kaltim dalam penanganan Covid-19.Hasil pemantaun, BNPB menilai kinerja Kaltim dalam penanggulangan pandemi Covid-19 sudah baik.

Untuk melihat kondisi penanganan Covid-19 di Kaltim, BNPB mengutus Liaison Officer (LO) BNPB, Brigjen TNI (Purn) Nanang Hariyanto. Kunjungan dilakukan juga dalam upaya membangun sinergitas, sekaligus melakukan monitoring ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penananganan Covid-19 Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota.

“Saya sudah lakukan monitoring ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Samarinda, Balikpapan dan PPU. Hasilnya sudah berjalan dengan baik, walaupun masih ada yang perlu dibenahi seperti koordinasi data dari kabupaten/kota ke provinsi,” kata Nanang Hariyanto saat melakukan audiensi dengan Gubernur Kaltim H Isran Noor di Kantor Gubernur Kaltim, seperti dikutip dari kaltimprov.go.id, Senin (18/5/2020).

Kepada Gubernur Isran Noor, purnawirawan TNI bintang satu itu mengaku mendapat tugas dari BNPB Pusat untuk melakukan sinergitas dan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kaltim.

Ditegaskannya, sinergitas dan monitoring ini dilakukan demi percepatan penanganan Covid-19 di daerah. “Apakah sudah berjalan sesuai tupoksinya atau belum? Termasuk kendala apa saja yang dihadapi,” tambah Nanang.

LO BNPB sendiri berperan sebagai penghubung Gugus Tugas di daerah dengan Gugus Tugas Nasional. “Kami laporkan seluruh kegiatan dan persoalan di daerah sehingga bisa diantisipasi sesegera mungkin,” urainya.

Gubernur Isran Noor pun memberi penjelasan. Sejak dibentuk, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Di antaranya melakukan koordinasi pelaksanaan dan pengawasan kegiatan percepatan penanganan Covid-I9, serta mengarahkan semua sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19.

“Selain itu, kami juga sudah menyalurkan bantuan alat pelindung diri [APD] baik yang berasal dari bantuan masyarakat maupun perusahaan. Termasuk pengadaan sendiri. Semuanya sudah didistribusikan secara transparan kepada masing-masing daerah khususnya rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19, “ tandas Gubernur.

Orang nomor satu Kaltim ini juga memaparkan berbagai upaya yang telah dilaksanakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi maupun kabupaten/kota dalam upaya mengurangi penularan virus corona, termasuk menginformasikan data-data update perkembangan Covid-19 ke masyarakat melalui video conference, maupun pelaksanaan anjuran protokol kesehatan Covid-19 di seluruh wilayah Kaltim.

Tampak hadir dalam audiensi LO BNPB Pusat dengan Gubernur Kaltim, Penjabat (Pj) Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin.

Leave your comment
Comment
Name
Email