Menikmati Kesejukan Ekowisata Hutan Magrove Penajam Paser Utara

Menikmati Kesejukan Ekowisata Hutan Magrove Penajam Paser Utara

IBUKOTAKITA.COM-Berada di kawasan pesisir, calon ibu kota baru Indonesia di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), punya hutan mangrove yang rimbun dan asri. Hutan mangrove ini bak oase hijau di ibu kota baru.

Terletak di Kelurahan Kampung Baru, ada kawasan hutan mangrove yang bisa disambangi traveler bila ibu kota baru sudah pindah ke Penajam Paser Utara. Hutan mangrove ini luasnya mencapai 20 hektar.

Dikutip dari detikcom, belum lama ini, untuk menemukan destinasi wisata ini tidak sulit karena berada tak jauh dari jalan raya.

Lokasinya pun berdekatan dengan Pantai Tanjung Jumlai. Cuma papan penunjuknya hanya berukuran kecil saja. Jadi hati-hati saja jangan sampai terlewat.

Saat detikcom datang, suasana di Ekowisata Hutan Mangrove Penajam Paser Utara ini begitu sepi dan sunyi. Hanya saya sendiri saja sore itu, tidak ada pengunjung lain.

Setelah berjalan kaki kurang lebih 10 menit masuk ke dalam kawasan hutan, bulu kuduk lama-lama berdiri juga. Beruntung ada Basri, driver sekaligus pemandu kami hari itu ikut menyusul ke dalam.

Hutan Mangrove ini sendiri sangat Instagramable. Hijau dan asri. Sejuk dan menyegarkan. Traveler bisa berjalan-jalan di atas jembatan kayu yang dibangun membelah hutan mangrove ini. Atau traveler bisa juga naik ke menara pandang untuk menikmati pemandangan hutan mangrove dari atas ketinggian.

Ada banyak jenis mangrove yang ditanam di hutan ini. Di antaranya Avicenna, Rizhopora, Sonneratia hingga Catappa. Kabarnya di hutan ini juga tinggal beberapa jenis satwa seperti monyet ekor panjang hingga bekantan. Mari berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berlalu agar kita bisa kembali berwisata. Amin.

Leave your comment
Comment
Name
Email