Siap-Siap Terpukau Keindahan Alam Kabupaten Berau (Bagian I)

Siap-Siap Terpukau Keindahan Alam Kabupaten Berau (Bagian I)

IBUKOTAKITA.COM-Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menyimpan banyak keindahan alam yang begitu memesona.

Tempat wisata di Berau ini bisa menjadi referensi bagi wisatawan yang ingin berwisata dengan nuansa alam seperti pantai dan keindahan bawah laut di banyak kepulauan Kabupaten Berau.

Tidak hanya memesona jika dipandang mata saja, tetapi tempat wisata di Berau juga menjadi spot foto menarik bagi penghobi fotografi foto alam.

Menjadi nilai lebih juga karena tempat wisata di Berau ini belum banyak yang mengetahuinya. Semakin penasaran bukan? Berikut tempat wisata di Berau, Kalimantan Timur, yang sudah dirangkum oleh Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

1. Wisata Labuan Cermin

Wisata Labuan Cermin di Berau ini memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan karena ada dua rasa air danau di sana. Rasa air asin dan rasa air tawar. Lokasi Labuan Cermin ini berada di kecamatan Biduk-Biduk.

Dari pusat kota ke tempat wisata ditempuh selama 5 jam perjalanan. Lumayan lama tetapi saat tiba di lokasi akan terbayarkan sekali. Di Labuan Cermin wisatawan akan ditawari untuk menaiki kapal untuk menyusuri setiap sudut danau, dengan harga hanya Rp20.000 saja.

2. Wisata Pulau Kakaban

Wisata Pulau Kakaban di Berau ini memiliki pesona keasrian alam yang benar-benar alami. Ada banyak spesies flora, fauna, juga biota laut langka. Selain itu ada juga ubur-ubur dan ikan hias khas danau Kakaban yang bisa dilihat dari atas perahu karena kejernihan airnya.

3. Wisata Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan ini memiliki pesona keindahan bawah lautnya. Di tempat wisata ini wisatawan bisa melakukan snorkelling dan diving.

Dan jika wisatawan bersedia menelusuri lebih jauh alam bawah lautnya, maka akan bertemu dengan spesies ikan hiu tutul dan penyu yang lucu-lucu.

Tidak perlu khawatir akan menggigit, karena spesies bawah laut ini sudah sangat akrab dengan keberadaan manusia atau wisatawan.

4. Wisata Pulau Sangalaki

Wisata Pulau Sangalaki memiliki pesona keindahan pada biota lautnya, terkhusus penyu laut. Di tempat wisata ini juga ada sarana untuk edukasi seperti melakukan penelitian pada telur penyu.

Tidak hanya itu tetapi wisatawan juga diperbolehkan untuk menyelam menyusuri setiap bibir pantai di Pulau Sangalaki.

Tidak perlu khawatir jika ingin menikmati keindahan pantai lebih lama dari biasanya, karena di tempat wisata ini tersedia banyak tempat penginapan milik masyarakat lokal.

5. Wisata Pulau Maratua

Wisata Pulau Maratua ini memiliki pesona keindahan pada pantai pasir putihnya. Tidak hanya berwarna putih tetapi tempat wisata ini menjadi semakin kontras karena bersih sekali.

Selain itu keadaan ombak pantai di Pulau Maratua cukup landai, jadi sangat cocok jika hendak digunakan untuk bersantai, dan menikmati kesejukan suasana pantainya.

Ada banyak pohon mangrove juga di pantai ini. Bahkan fasilitas snorkelling juga sudah tersedia di sini. Ada banyak ikan Manta dan Hiu yang hidup di pantai Maratua ini. (Bersambung)

Leave your comment
Comment
Name
Email