Camilan Khas Kutai Kartanegara Ini Wajib Dicoba Lho

Camilan Khas Kutai Kartanegara Ini Wajib Dicoba Lho

IBUKOTAKITA.COM – Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang menawarkan berbagai macam sajian camilan. Camilan yang sudah ada dari zaman nenek moyang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Setidaknya Ibukotakita.com merangkum dari berbagai sumber lima macam camilan khas Kutai yang wajib kalian cobain.

1.Keminting

Keminting merupakan camilan khas Tenggarong yang memiliki bentuk menyerupai buah kemiri. Camilan ini tergolong jenis kue yang terbuat dari olahan tepung terigu, tepung kanji, sagu, gula kelapa, gula pasir, dan santan kelapa. Keminting memiliki tekstur yang agak keras dan cita rasa yang manis, gurih, serta renyah ketika digigit.

Camilan ini dapat dinikmati bersamaan dengan teh hangat. Kemudian bisa dirasakan perpaduan nikmatnya sagu yang lumer ketika digigit bersamaan dengan hangatnya teh. Keminting di pasaran dijual dengan kemasan bungkusan yang dibandrol mulai dari Rp15.000 hingga Rp90.000 per bungkus.

2. Kue Jajak Cincin

Jajak cincin merupakan salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat. Camilan berjenis kue ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, gula pasir, gula aren, dan minyak goreng.

Proses pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana, yaitu diawali dengan cara memanaskan dan mencairkan gula aren di dalam wajan, kemudian dicampur dengan terigu dan tepung beras, lalu diaduk hingga merata. Tahap berikutnya yaitu diamkan adonan beberapa menit hingga mengeras, setelah itu adonan dibentuk secara manual, lalu goreng di dalam minyak goreng panas hingga warna berubah menjadi kecoklatan. Camilan ini dapat bertahan selama 2 hari dan masih dapat dikonsumsi meskipun tidak disimpan di dalam kulkas.

3. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang merupakan camilan sejenis kerupuk yang bisa ditemui di Tenggarong, Kalimantan Timur. Camilan ini berbahan dasar ikan, biasanya ikan tenggiri, ikan gabut, atau ikan belida. Bahan lainnya yaitu tepung sagu, serta rempah-rempah.

Kerupuk amplang memiliki cita rasa yang enak, gurih, serta memiliki aroma dan cita rasa ikan yang menjadikan sebagai oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Timur, khususnya ke Tenggarong.

Saat ini, amplang bisa ditemui dalam kemasan plastik dan aluminium foil serta dijual di supermarket dan online shop. Seiring berkembangnya zaman, amplang memiliki varian rasa dengan topping ayam bawang, barbeque, lada hitam, dan lainnya.

4. Gula Gait

Zaman dulu ketika belum ada manisan atau permen dengan berbagai macam rasa seperti yang ada, nenek moyang di Kutai Negara sudah mengenal istilah permen sendiri. Permen ini diberi nama Gula Gait.

Bahan dasar dari permen ini adalah gula aren. Gula gait memiliki ukuran rata-rata panjang 10 cm, lebar 5 cm dengan berat 15 gram/bungkus atau sekitar 50 bungkus untuk setiap kg-nya. Saat ini, gula gait diproduksi dengan berbagai macam rasa, seperti rasa wijen, green tea, kacang, dan lainnya. Permen ini bisa ditemukan di tempat oleh-oleh khas di daerah Tenggarong Kutai Kartanegara.

5. Roti Pisang

Roti pisang ini sekilas mirip dengan bingka atau apem. Camilan ini memiliki tekstur yang tidak terlalu padat, permukaan yang agak berongga, dan berwana kecoklatan. Hal ini dikarenakan roti pisang dibuat dari bahan olahan tepung terigu, telur, santan, gula, dan garam.

Perbedaannya hanya terletak di bahan tambahannya, yaitu tambahan potongan pisang yang membuatnya lebih wangi dan lezat untuk disantap. Pisang yang digunakan juga tidak sembarang pisang, jenisnya harus pisang raja atau pisang talas. (Mikola Muhammad Akbar)

Leave your comment
Comment
Name
Email