PLTGU Tanjung Batu Siap Suplai Listrik untuk IKN

PLTGU Tanjung Batu Siap Suplai Listrik untuk IKN

IBUKOTAKITA.COM-Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Tanjung Batu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, melakukan pengembang usaha untuk menyediakan dan mengaliri listrik di Kalimantan Timur (Kaltim).

Manajer ULPLTGU Tanjung Batu, Ghani Wahyu Nugroho, mengatakan bahwa saat ini telah memiliki pembangkit dengan kapasitas 2×20 MW gas turbin dan 1×20 Steam turbin.

“Ditambah terbaru yang telah dikomisioning pada 2013 ada 2×80 MW. Sehingga total ada 220 MW,” katanya saat ditemui Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 di kantornya seperti dikutip dari Bisnis.com, Kamis (13/8/2020).

Ghani menjelaskan bahwa dari sisi pengembangan usaha, PT PLN (Persero) di lokasi PLTGU Tanjung batu berencana membangun pembangkit yang berada di sebelah selatan dengan kapasitas 2×50 MW.

Di saat yang bersamaan, dibangun juga pipanisasi gas. Harapannya agar suplai gas terpenuhi.

Adanya perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, PLTGU Tanjung Batu siap menyediakan listrik untuk kebutuhan pembangunan.

“Sebagai info saja beban Kota Balikpapan pada 2013 sekitar 300 MW. Insyaallah kami sanggup melistriki satu kota,” jelasnya.

Leave your comment
Comment
Name
Email