PB Senada Kaltim Beri Bantuan kepada Sukarelawan

PB Senada Kaltim Beri Bantuan kepada Sukarelawan

IBUKOTAKITA.COM- Ada banyak cara bisa dilakukan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19. Persatuan Bulutangkis (PB) Senada Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, membarikan bantuan bahan makanan kepada sukarelawan pencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) baik yang berjaga di Posko Darat maupun Posko Sungai Mahakam.

“Pintu keluar-masuk dari dan ke Mahulu ada yang jalur darat dan ada yang jalur sungai. Di tiap jalur ini ada sejumlah posko pemeriksaan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19,” ujar Juru Bicara PB Senada Kabupaten Mahulu Martinus Jenau Huvang di Ujoh Bilang, Rabu (15/4/2020).

Bantuan bahan makanan, minuman dan makanan siap saji maupun siap konsumsi yang telah diberikan per masing-masing posko antara lain beras, mi instan, kopi, gula, susu, air mineral, suplemen dan lainnya.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, ada dua pola yang ditempuh oleh Senada, pertama adalah anggota Senada sendiri yang langsung mengantar ke posko relawan, yakni bagi posko yang lokasinya mudah dijangkau.

Pola kedua, bantuannya dipercayakan kepada Tim Gerak Cepat (TGC) Pencegahan Covid-19 Kabupaten Mahulu, yakni bantuan yang diperuntukkan bagi lokasi yang jauh dan sulit dijangkau, sehingga anggota dari TGC Mahulu yang akan mendistribusikan ke sejumlah posko, terutama yang berada di kawasan hulu Mahakam.

“Untuk Posko di batas Kutai Barat dan Mahulu, yakni di Datah Bilang, Long Hubung, dan posko terdekat sudah kami antar langsung, sedangkan untuk posko-posko di kawasan hulu seperti di Long Tuyoq dan lainnya, sudah kami serahkan ke TGC Mahulu. Merekalah [TGC] yang nantinya mendistribusikan ke posko-posko tersebut,” katanya.

Ia menuturkan bahwa relawan yang siaga di garis depan dalam pencegahan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2 /Covid-19) ini bertugas melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan hand sanitizer, dan melakukan edukasi, sehingga mereka juga perlu diberi perlangkapan pelindung diri dan asupan gizi yang cukup.

Ia juga berharap relawan ketat dalam melakukan pencegahan, yakni dengan cara aktif melakukan penyemprotan disinfektan bagi kendaraan darat maupun kendaraan sungai baik speedboat atau kapal yang masuk.

Kemudian memberikan edukasi atau pemahaman kepada penumpang tentang pola pencegahan penularan pandemi virus corona, seperti selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak (physical distancing), dan beretika ketika batuk maupun bersin.

Ia menuturkan bahwa kesepakatan PB Senada memberikan bantuan kepada relawan itu diawali dari percakapan Grup WhatsApp PB Senada. Dari sini kemudian semua anggota sepakat, sehingga secara swadaya mereka melakukan iuran. Hasil iuran inilah yang kemudian mereka belikan bahan makanan, suplemen, air mineral, dan makanan siap saji.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi sukarelawan di garis depan. Harapan yang lebih besar adalah agar pola swadaya kami ini dicontoh oleh klub, organisasi, bahkan dicontoh oleh masyarakat umum untuk melakukan swadaya demi kebersamaan mencegah penularan Covid-19,” ujar Martinus. (Antara)

Leave your comment
Comment
Name
Email