Pemkab Kutai Barat Siapkan Strategi Genjot PAD

Pemkab Kutai Barat Siapkan Strategi Genjot PAD

IBUKOTAKITA.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), menyiapkan sejumlah langkah untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).

Demikian diungkapkan  Asisten II Setdakab Kutai Barat, Ayonius,  saat memimpin rapat Evaluasi Kegiatan Optimalisasi dan Intensifikasi Pendapatan Daerah dari Pengelola dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di  Kantor Setdakab Kutai Barat, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (4/8/2020).

Rapat sosialisasi yang bertujuan untuk membangun sinergitas yang baik dari instansi teknis dengan perusahaan-perusahaan pertambangan yang selama ini tentunya telah beroperasi dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat. Terutama mengenai isu-isu penting dalam meningkatkan PAD.

Ayonius mengatakan Pemkab Kutai Barat menitikberatkan pada pelaksanaan kebijakan peningkatan PAD melalui sejumlah langkah.  Pertama mengintensifkan sumber-sumber pendapatan daerah; Kedua peningkatan pelayanan kepada wajib pajak/retribusi daerah; Ketiga peningkatan peran dan fungsi SKPK sebagai ujung tombak pelayanan publik; Keempat peningkatan koordinasi dan sinergitas melalui kerja sama di bidang pendapatan daerah dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota serta instansi terkait.

“Ini sebagai upaya untuk meningkatkan PAD, diharapkan kerja sama dari semua pihak, teruma seluruh perangkat daerah baik camat, kepala desa, dan instansi vertikal untuk meningkatkan perannya dan lebih proaktif mendukung upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak,” tegasnya seperti dikutip dari kutaibaratkab.go.id, Rabu (5/8/2020).

Menurut Ayonius, jika berbicara masalah PAD, semakin suatu daerah tersebut mampu mengembangkan sebuah struktur ekonomi yang berbasis SDA seperti optimasi kerja sama dengan berbagai pihak dan investor, maka akan berdampak pula pada peningkatan perkembangan di sektor jasa. Efeknya PAD akan meningkat.

 

 

Leave your comment
Comment
Name
Email